Jumat, 30 Januari 2015

Cheap Toy Photography (CTP)

21.17

Loh..Loh..
Ada yang salah sama judulnya!

Kok pakai kata cheap? Apa artinya kalau seni fotografi mainan ini murahan?

Eits..kalau nerjemahin jangan sepatah-sepatah, bisa keserimpet artinya, loh!

Maksudnya yang murah itu mainannya. Maksudnya posting ini mengacu pada: (niatnya) seni (sok-sokan) fotografi, tapi pakai model mainan murah. Mainan murah yang dibeli dengan harga kuran dari lima puluh ribu rupiah tapi sudah dapat sepaket, seplastik atau bahkan satu set. Murah kan? Atau malah bisa nggak pakai modal beli mainan. Lah wong tinggal ngambil di kotak mainan ponakan-ponakan.. Hehe..

Sebenarnya nggak mendalami seni ini, karena cuma punya kamera saku dan niatnya cuma iseng karena lagi nggak enak badan, tapi otak pengennya tetep mau menghasilkan sesuatu.

Contohnya?


Senin, 26 Januari 2015

Rumah Bunda Maria Annai Velangkani - Dari Penjala Ikan Menjadi Penjala Manusia

01.04


LOKASI 
Rumah Bunda Maria Annai Velangkani, Rembang


Alamat: Kampung Nelayan, Kec. Pacar, Kab. Rembang, Jawa Tengah


Koordinat: 6° 42' 3.6" S 111° 19' 26.4" E


DISCLAIMER
Cerita ini berisi perjalanan menuju tempat-tempat ziarah yang disucikan bagi umat Katolik.
Cerita ini tidak bertujuan untuk memaksakan iman kepada umat penganut kepercayaan lain




Entah sebuah kebetulan, hari dimana aku mendatangi tempat ini memiliki bacaan Injil yang hampir sesuai, dimana diceritakan Yesus yang sedang berjalan menyusur Danau Galilea dan melihat calon murid-murid-Nya sedang menebarkan jala dan ada pula yang sedang membereskan jala di dalam perahu (bdk. Mrk 1: 14-20). 

Kenapa kok dibilang hampir sesuai? Karena tempat yang kudatangi ini merupakan stasi nelayan di Kabupaten Rembang. Sebuah stasi yang berlindung pada Santo Yakobus Rasul. Sebuah stasi dengan kapel kecil yang berada di tengah perkampungan nelayan, para penjala ikan, sama seperti pekerjaan sebagian besar para rasul sebelum menjadi murid-murid Yesus.

Nama daerah ini unik: Pacar. Berada di sebelah barat Kota Rembang, Jawa Tengah. 

Walau hanya berjarak sekitar sepuluh kilometer dari paroki, tapi umat stasi ini memiliki geliat tersendiri. Kapel stasi juga tak pernah sepi dari umat.

Minggu, 25 Januari 2015

Meet Bernadette, New Member of the Family

23.16
Proyek udah kelar, trus biasanya kalau masa-masa transisi antar proyek gini "dikandangin" di kantor. Kebetulan kantornya sekota sama tempat tinggal. Jadi kalau keseharian cuma rumah-kantor-rumah dan dibumbui dengan sedikit nongkrong aja bisa-bisa badan nggak gerak juga dong?

Pilih olahraga yang ringan aja deh. Pilihannya antara jogging (walau pasti lebih banyak jalan kaki dibading lari heheh), fitness di gym (ini pasti nanti kebanyakan alasan yang ini-itu) atau sepedahan (sepedah dari mana? beli laaah).

Oke, karena niatnya mau olahraga ringan supaya bisa tetap fit, maka mutusin buat beli sepedah dulu.


Kamis, 22 Januari 2015

We're Sexy and We Know It!

23.57



Sebuah catatan dari kegiatan Jambore Nasional ke-6 Prides-online: Sexy Six Surakarta 6-7 Desember 2014



Waktu belum genap menunjukkan pukul sepuluh pagi ketika aku tiba di sebuah rambu petunjuk menuju lokasi jamnas. Ini rambu kedua yang kulihat setelah yang pertama dipasang panitia di persimpangan Palur, Surakarta. Sebuah banner MMT berbentuk persegi panjang berwarna putih – hijau berisi petunjuk arah, kalimat berbahasa inggris yang nggak nyambung sama isi pesannya, dan tak lupa logo prides. Sangat jelas terlihat dan terbaca dari jarak seratus meter, fungsinya jelas agar para peserta jamnas nggak nyasar, tapi ternyata masih ada juga serombongan peserta yang nyasar dari lokasi jamnas. Mungkin karena saking kencengnya motor mereka jadi pengennya terus-terusan buka gas sampai Tawangmangu. Hihihi..



Jumat, 16 Januari 2015

mozaik

21.44

LOKASI 
Gua Maria Bunda Pemersatu, Karanganyar


Alamat: Tengklik, Kedawung, Jumapolo, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah


Koordinat: 7° 41' 30.7" S 111° 1' 25.6" E




DISCLAIMER
Cerita ini berisi perjalanan menuju tempat-tempat ziarah yang disucikan bagi umat Katolik.
Cerita ini tidak bertujuan untuk memaksakan iman kepada umat penganut kepercayaan lain




Mozaik: mo·za·ik n 1 seni dekorasi bidang dng kepingan bahan keras berwarna yg disusun dan ditempelkan dng perekat (KBBI)


Aku kadang berpikir kalau hidup ini tak ubahnya seperti mozaik. Masing-masing peristiwa dan proses hidup ini menjadi sebuah keping berwarna, dan masing-masing keping berwarna itu jika disatukan akan membentuk gambaran pribadi kita. Pun masing-masing pribadi ini merupakan satu keping berwarna lain, yang kemudian disatukan menjadi sebuah gambaran yang lebih besar. Wadah, komunitas, organisasi, keluarga, dan sebagainya.

Dalam iman Katolik, ada juga pemahaman tentang bersatunya kepingan-kepingan ini. Misal dalam komuni, bahwa tubuh Kristus yang sudah diberikan kemudian dipercaya menjadi satu tubuh, yakni Kristus sendiri. Melalui Bunda Maria, kita semua dipersatukan dalam Kristus. Bunda sendirilah yang mempersatukan kepingan pribadi-pribadi, melalui tempat ini.

nDherek Dewi Maria

09.17


LOKASI 
Gua Maria Sendang Pawitra, Tawangmangu

Alamat: Desa Sepanjang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Koordinat: 7° 41' 6.42" S 111° 7' 23.4" E



DISCLAIMER
Cerita ini berisi perjalanan menuju tempat-tempat ziarah yang disucikan bagi umat Katolik.
Cerita ini tidak bertujuan untuk memaksakan iman kepada umat penganut kepercayaan lain



Hari belum terlalu siang ketika aku menyusuri jalan menuju obyek wisata Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Riding santai menyusuri tanjakan demi tanjakan lereng Gunung Lawu sambil menikmati segarnya udara pegunungan. Sesekali memperhatikan papan-papan petunjuk arah, siapa tahu aku melewatkan petunjuk arah menuju daerah Metesih.

Masih ingat betul aku isi BBM dari seorang teman umat Paroki St. Pius X, Karanganyar mengenai petunjuk arah menuju Gua Maria Tawangmangu ini.

"Polsek Tawangmangu ke kanan, arah Matesih. Ikuti jalan saja, nanti di kiri jalan ada petunjuk menuju Desa Sepanjang."

Gua Maria tujuanku ini memang masih masuk dalam lingkup Paroki St. Pius X, Karanganyar, jadi pasti umat parokinya paham betul rute menuju tempat ziarah ini.

Tapi, nampaknya aku salah jalan, karena Kantor Polsek Tawangmangu berada tepat di tanjakan menuju Pasar Tawangmangu dan tidak ada jalan ke kanan (asumsiku jalur yang dimaksud adalah tepat di seberang kantor polisi). Mungkin arahan rutenya terlalu global, mungkin juga ada persimpangan yang terlewati, atau papan petunjuk jalan yang tak terbaca. Yang pasti aku harus berhenti untuk bertanya. Sebenarnya enggan, tapi karena ancer-ancer yang menyebutkan kalau jalur yang harus kutempuh dekat dengan kantor polsek, mau tak mau berhenti juga di kantor polisi untuk bertanya arah Desa Sepanjang ini.

Kamis, 15 Januari 2015

SH*T HAPPENS!*) STOP MODIFIKASI NGGAK JELAS!

10.46
Walaupun kita tidak terlalu peduli dengan dunia otomotif, pasti tetap ingin membuat tunggangan jadi nyaman dan keren, bukan? Apalagi kalau kendaraan itu selalu kita gunakan untuk menunjang mobilitas harian. Bangga rasanya menunggangi kendaraan dengan tingkat keamanan dan kenyamanan, apalagi jika bisa membuat decak kagum orang-orang di sekitar kita dengan tampilannya yang menarik.

Beberapa dari kita yang malas atau enggan untuk coba-coba hal baru lebih memilih jalur aman dengan mengintip hasil modifikasi kendaraan lain, baik ketika bertemu secara langsung maupun hanya melihat gambar dari internet atau media cetak. Logikanya sih, semakin banyak modifikasi itu digunakan, jadi semakin terjamin tingkat keamanan dan kenyamanannya.

Tapi, hati-hati jika mau memodifikasi kendaraan, terlebih jika Anda menggunakan suku cadang oplosan milik pabrikan lain pada kendaraan Anda, bahkan jika modifikasi itu belum pernah dicoba kelayakannya. Alih-alih jadi aman dan nyaman, benda-benda yang disematkan dalam kendaraan itu justru dapat mengancam keselamatan kita loh.

Sama seperti yang saya alami berikut ini.

Everybody's Changing

10.18
Sambil dengerin lagu dari Keane yang di-cover ulang oleh Marian Dacal di sebuah pagi yang mendung, kepikiran sesuatu bahwa hidup memang sebuah proses yang harus dijalani dan dinikmati. Betapa pahit atau manis; menyenangkan atau menyakitkan; baik atau buruk, jalani dan nikmati saja dinamika kehidupan itu.
Sebuah perubahan dapat pula menjadi sebuah dinamika yang bisa dinikmati. Perubahan yang harapannya menuju arah lebih baik, tentunya.

Karena sebuah perubahan itu pula, saya memberanikan diri untuk mengubah alamat blog ini dengan pembelian domain menjadi http://www.vinceney.net

Semoga perubahan ini dapat memberikan angin segar bagi perkembangan blog ini kedepannya, berupa semangat pembaruan dalam perjalanan dan review serta sharing iman.

Salam hormat dan Berkah Dalem :)

@vinceney