Rabu, 16 Desember 2015

"Aku mau, jadilah engkau tahir"



LOKASI

Gua Maria Sendang Harjo, Blora
Alamat: Desa Sendang Harjo, Kab. Blora, Jawa Tengah
Koordinat: 6° 53' 56.55" S 111° 26' 15.45" E

DISCLAIMER

Cerita ini berisi perjalanan menuju tempat-tempat ziarah yang disucikan bagi umat Katolik.
Cerita ini tidak bertujuan untuk memaksakan iman kepada umat penganut kepercayaan lain



Wireskat (Wisma Rehabilitasi Sosial Katolik) didirikan pada tanggal 8 September 1972 oleh P. Ernesto Fervari CM yang pada waktu itu adalah Pastor Kepala Paroki St. Pius X, Blora. Pada awal berdirinya Wireskat menampung delapan orang penyandang cacat kusta yang ditemukan oleh Sr. Ludgera Gales PK, P. Sebastiano Fornasari CM atau P. Ernesto sendiri. Para penyandang cacat kusta itu berasal dari beberapa kota di Jawa Timur yang sedang berobat di Rumah Sakit Kusta Kediri.

Mereka melihat betapa para penyandang cacat kusta itu tidak mendapat tempat dalam masyarakat, bahkan dalam keluarga mereka sendiri. Mereka yang awalnya tidak mempunyai keahlian untuk dapat bekerja terutama karena cacat yang mereka alami, karena kerusakan saraf akibat kuman kusta mulai ditampung dan diajarkan berbagai macam bidang keahlian seperti bertani, bercocok tanam, pertukangan, dan sebagainya sehingga banyak di antara para penyandang cacat kusta itu tak lagi berkeliaran dan mengemis di jalan-jalan agar dapat mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari.

Wireskat juga terdengar seperti virescat dalam bahasa Latin yang berarti 'Kekuatan'.

Untuk itu kenapa vinceney memilih satu ayat dalam Injil Matius 8: 3b, dimana dalam perikop luas (Mat 8: 1-4) diceritakan ada seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus untuk minta disembuhkan.  
Baru setelahnya sampai pada tahun 2006 diresmikan Gua Maria Sendang Harjo sebagai bagian dari Wireskat untuk sarana ziarah umat Katolik, tak hanya di dalam Wireskat, namun juga umat se-Paroki, bahkan kini sudah berlangsung Perayaan Ekaristi rutin tiap malam Jumat Kliwon yang tak hanya dihadiri umat se-Rayon Cepu, tapi sampai daerah lainnya.

Berhubung sedang agak malas untuk menulis dan bercerita, karena memang sudah pernah diterbitkan sebelumnya di sini, maka untuk kesempatan kali ini vinceney hanya akan memberikan beberapa foto situasi Wireskat dan Gua Maria Sendang Harjo.
Hehe..



Foto situasi gerbang utama





Jalan masuk utama, aula dan gereja






Gerbang kedua

Menuju sendang (mata air)



Dari gerbang kedua masuk lebih dalam.





Tempat parkir kendaraan pengunjung (peziarah).



Pondokan atas

Situasi Gua Maria





Rute jalan salib.















Desa Sendang Harjo sendiri terletak pada KM 10 di jalan poros yang menghubungkan Kabupaten Blora dengan Kabupaten Rembang.




Selamat berziarah



Salam, hormat dan Berkah Dalem :)

Tidak ada komentar :