Senin, 01 Agustus 2016

Ride for Others: Let's Ride for Books Share 3 - prelude



Kembali lagi ride for adventures akan melakukan kegiatan berbagi buku di tahun 2016 ini. Masih menggunakan nama Ride for Others: Let's Ride for the Books Share Jilid 3, target kami kali ini adalah dua sekolah dasar yang menempati satu bangunan sekolah yang sama. Yaitu SDN 01 dan 04 Mlowokarangtalun, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

Kami masih berfokus pada pemberian bantuan berupa buku-buku pelajaran atau buku-buku lain yang sekiranya relevan bagi pendidikan mereka, misalnya kamus, ensiklopedia, pengetahuan umum, kisah teladan nabi, ceritera rakyat, dan lainnya, disamping upaya kami untuk membangun perpustakaan bagi sekolah target tersebut.

Kenapa disana?



Desa Mlowokarangtalun adalah desa di Kecamatan Pulokulon, Grobogan, Jawa Tengah, yang terletak di tenggara Grobogan dan berbatasan dengan Kabupaten Sragen. Desa itu merupakan pedesaan yang 60% luas wilayahnya merupakan persawahan. Keprihatinan muncul saat melihat bahwa sekolah-sekolah di sana belum memiliki fasilitas memadai untuk menutut ilmu, seperti minimnya buku-buku bacaan yang dapat menambah wawasan serta meningkatkan minat belajar para siswa yang akan berdampak pada meningkatkan daya saing lulusan para siswa nantinya dalam jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Yang pertama, karena sekolah target tersebut terletak tidak jauh dari Home Base kami yaitu Kota Semarang. Jadi, untuk pendistribusian bantuan dirasa tidak terlalu memakan waktu dan tenaga yang cukup besar.
Kedua, sekolah tersebut -meski berada jauh dari pusat kota- namun cukup banyak mencetak murid berprestasi.
Ketiga, seperti yang sudah tersebut dalam poin kedua, mereka juga berhak mendapat pengetahuan dan pendidikan yang sama dengan murid-murid lain yang bersekolah di daerah perkotaan, yang notabene sangat mudah mendapatkan akses ilmu.

Seberapa terpencil dan layak untuk dibantu?

Berikut akan diberikan kondisi jalan menuju desa.


Harus melewati sungai untuk dapat menuju desa. Bukan menyeberang lewat jembatan ya..

Ini foto-foto kondisi sekolah.



















Lalu, apa sebenarnya maksud dari post ini?

Mau pamer?

Eits...sama sekali tidak!

Anggap saja post di blog ini sebagai proposal permohonan bantuan kepada para pembaca sekalian. Kami akan merealisasikan rencana kegiatan tersebut pada tangagl 28 Agustus mendatang, tapi sampai sekarang kami masih membutuhkan banyak sekali buku yang layak dan relevan untuk dapat disalurkan.

Yaa...siapa tau sih ada dari pembaca post ini yang tertarik untuk dapat ikut berpartisipasi memberikan bantuan berupa buku-buku bacaan (baru atau bekas tapi yang masih layak), donasi uang (yang akan menjadi sumber dana belanja buku dan alat pendukung), maupun secara langsung berupa sarana pendukung lainnya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah perpustakaan sekolah.

Bisa hubungi saya atau siapapun yang membagikan artikel ini di laman media sosial mereka.

Untuk lebih lanjut, bisa kok nanti kami kirim proposal resmi, kalau memang dibutuhkan.

Besar harapan kami rencana kegiatan kami ini mendapat respon yang positif, karena lebih banyak bantuan yang diberikan, maka makin banyak juga ilmu-ilmu yang dapat tersalurkan, semoga kedepannya makin banyak juga kemiskinan yang dapat dientaskan melalui buah-buah ilmu yang tumbuh dari anak-anak di sana.





Salam jelajah!

Tidak ada komentar :