Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


DISCLAIMER
Cerita ini berisi perjalanan menuju tempat-tempat ziarah umat Katolik.  

LOKASI

Taman Doa "Maria Ratuning Kantentreman lan Karaharjan"
Gantang, Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah
7º 30' 21" S, 110º 21' 10.962" E






THE STORIES

Menemukan stok foto lama di kartu memori kamera, dan ternyata sudah setahun sejak terakhir kali ziarah ke tempat ini. Karena hanya bersifat stok foto saja, vinceney hanya akan megunggah foto-foto kondisi taman doa ini (pada 2018 lalu).

Tidak ada perubahan berarti pada jalur dan kondisi jalan masuk dari Blabak, Magelang, hanya akan diberikan dua buah foto pelengkap jalur dari arah Ketep Pass.



Banyak perubahan signifikan setelah dua tahun sejak pertama kali vinceney datang berziarah ke taman doa ini (cerita dapat disimak di sini. Cukup banyak perubahan yang dilakukan.














Beberapa foto pembanding antara situasi di tahun 2016 dan 2018. Semoga ada diantara pembaca yang memiliki kondisi terbaru di tahun 2019 atau jika ada kesalahan dalam penulisan isi tinjauan ini, please let me know.






Tentunya dari kondisi di tahun 2018 lalu yang sudah banyak mengalami perubahan tidak hanya pada taman doa saja, di seberang gereja yang dulunya hanya lahan kosong untuk parkir kendaraan, kini dimanfaatkan dengan dibuat kios-kios warga untuk kegiatan niaga. Namun vinceney tidak sempat mendokumentasikan situasi di kios-kios itu (nanti dikira cuma foto-foto doang, beli kagak -_-;)

Dengan adanya perubahan positif tersebut tentunya juga menarik minat para peziarah untuk datang. Selain berdoa, banyak diantaranya yang memanfaatkan keindahan alam di taman doa itu untuk mengambil foto (salah satunya saayaaaaa). 

Tidak ada salahnya memang, hanya perlu untuk lebih tahu dalam menempatkan diri, kapan harus berdoa atau berfoto tanpa mengganggu kenyamanan, konsentrasi dan kekhusukan peziarah lain yang sedang menikmati kebersamaan mereka dengan Sang Pencipta. Beberapa papan peringatan bagi peziarah untuk menjaga ketenangan sudah tertempel, namun nampaknya masih belum semua dapat menaati.
"Yaaa...namanya juga anak-anak" :D

Tentunya perubahan tersebut tidak bisa lepas dari dukungan gereja sendiri, pemerintah daerah, para donatur dan berbagai kelompok persekutuan umat beriman dalam pengembangannya, dan semoga rencana pembangunan taman doa ini untuk tahap selanjutnya juga dapat berjalan lancar.

Untuk para pembaca yang berminat untuk berkunjung dan berziarah dapat mengikuti petunjuk arah yang sudah diberikan baik dari arah Blabak, Mungkid maupun sebaliknya jika datang dari Ketep Pass. Tentunya dengan adanya ledakan perkembangan teknologi membuat taman doa ini sudah "terdaftar" dalam peta daring, jadi Anda tidak perlu khawatir tersesat jika hendak melakukan perjalanan dengan menggantungkan pada perangkat atau aplikasi penunjuk arah, GPS.




Selamat berziarah.

Salam, doa dan Berkah Dalem.




vinceney

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]